LibreOffice dan OpenOffice; sibling rivalry

LibreOffice., mulai digagas pada September- Oktober 2010 oleh The Document Foundation yang berisi The Leading Members dari OpenOffice.org. Kok bisa? Para Leader dari OpenOffice.org malah mendirikan komunitas  baru untuk mengembangkan LibreOffice?

Ini merupakan buntut dari serangkaian kejadian yang berawal dari collapse-nya Sun Microsystem. Sun yang bangkrut kemudian diakusisi oleh Oracle, nah sementara OpenOffice.org merupakan project dari Sun-pun secara sah ‘diwariskan’ kepada Oracle. Kemudian pada September 2010, Oracle mengumumkan bahwa OpenOffice.org bukan lagi proyek independen, sehingga para kontributor OpenOffice.org memutuskan untuk hengkang dan mendirikan The Document Foundation yang berusaha meneruskan pekerjaan besar yang telah dimulai 10 tahun yang lalu dalam OpenOffice.org untuk berkarya secara bebas untuk menciptakan sebuah software office yang bebas dan gratis. Walaupun sekarang Oracle secara langsung mengatakan pada TheRegister, Minggu (17/4/2011) bahwa project OpenOffice diserahkan sepenuhnya kepada komunitas, namun apa daya, The Document Foundation sudah terlanjur merilis LibreOffice, yang baru saja merayakan first anniversary-nya dengan 15 milion users (Linux).

Yup, mungkin akan terjadi persaingan sengit antara 2 bersaudara ini, OpenOffice dan LibreOffice, yang sebenarnya adalah sebuah project yang sama namun beda asuhan..

Secara tampilan, keduanya hampir tidak jauh beda, untuk penggunaan juga masih sama. Nah sekarang tinggal usernya saja, prefer pake yang mana? Kalo menurut aku sih pake LibreOffice aja, karena dukungan komunitasnya lebih besar daripada OpenOffice; walaupun sebenarnya sama.

Go OpenSource, biasakan make gratis plus Open Source
Tinggalkan Microsoft Office :p, pindah ke LibreOffice/ OpenOffice😀
*sebenarnya aku juga baru sekitar 3 bulanan mulai pake LibreOffice secara full :D*

hmm., rumit juga.. permasalahan 2 Office suite ini., semoga mereka bukan “Office yang Ditukar”😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s