2012! Menentukan Arah . . .

sebelumnya. . .

SELAMAT TAHUN BARU 2012!!!

semoga. . . semoga. . . semoga. . . aaamin!😀

😀
*ini sekedar formalitas saja*😀
*silakan isi sendiri sesuai keinginanmu!*😀

Mmm., 2012??
Tentang apa ya?? Aku juga ga tau akan jadi seperti apa 2012 itu., tapi kalo tahun 2012 itu diibaratkan sebagai PUISI, jadi kita sedang menulis bait-perbaitnya, masalah judul, tema, itu bisa belakangan😀

Ini masih hari-hari pertama, jadi ini adalah bait-bait awal pembuka puisi 2012 kita. Apakah itu puisi cinta, duka, ‘i don’t know!’, yang jelas ini puisi kehidupan.

di bait pertama. .
di sini ku menggenggam takdir di tanganku, aku coba bertahan. . .

Sudah punya resolusi? visi? misi? di tahun 2012?
*faktanya dari sebuah penelitian, hanya 12% dari resolusi di awal tahun yang tercapai. Kenapa cuman12%?  Lalu apa gunanya kita buat resolusi?

visi :  melaksanakan semua misi
misi : mencapai visi
*kalo di compile » infinitive looping = error!

Penyebabnya antara lain :

  • targetnya ngga’ realistis; misal “tahun ini lulus kuliah”, padahal sekarang masih semester 2 *kalaupun lulus itu namanya DO *walaupun ga se-ngawur sample-nya tapi seperti itu-lah :p
  • targetnya ngambang; misal “tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin” *apanya yang lebih baik? coba lebih fokus
  • hangat-hangat tai ayam; yup! ini mungkin penyebab terfatal, semangat resolusi cuman H-7 s.d. H+7, setelahnya?? Sama, ngambang, jalani saja; nanti pas akhir tahun baru sadar.

Lalu bagaimana agar resolusi tahunan itu efektif? *ini menurut pribadi saya lho ya😀

  • target jelas dan rinci; apa sih susahnya punya impian? mimpi sama impian beda lho; mimpi itu sangat berangan-angan, sementara impian itu lebih real dan logis; misalnya “tahun ini bisa posting di blog 2 kali sebulan”
  • target jangan cuma dipikirkan, diucapkan, perlu ditulis; jelas, shortterm memory kita terbatas, impian-impian yang sekedar dipikirkan, lama-lama akan tertimbun oleh pikiran sehari-hari kita. Bisa menggunakan ‘toples impian’ atau yang sejenisnya😀
  • timeline/ linikala/ linimasa/ liniwaktu harus jelas; kita bagi resolusi tahunan ini menjadi 12, yup! menjadi target bulanan; bila perlu target mingguan, bahkan harian. Misal: “Januari: Proposal TA selesai, Februari: Revisi Proposal » ACC (fix), Maret: Mulai TA + Pendahuluan, April: BAB I, Mei: BAB II, Juni: BAB III, Juli: Penutup, Agustus: Revisi, September: Revisi + nyari pengisi halaman persembahan &  teman buat wisuda, Oktober: daftar pendadaran, November: Pendadaran, Desember: wisuda.” *ya mungkin kurang lebih seperti ini; tapi ya ngga ngaco kaya gini –”😀
  • perlu ada evaluasi bulanan/ semesteran., kira-kira apa yang belum dan apa yang meleset dari perkiraan segera dikoreksi, lalu mengalihkan jalur dengan tujuan yang sama.
  • start now, simple.. dimulai dari sekarang dan dari hal-hal yang sepele.
  • konsistensi!! tetap fokus dengan apa yang mau dicapai.
  • apa lagi ya?? *mungkin ada yang mau menambah?
  • penting dan utama: ‘Selalu keep in touch dengan Yang Maha Merencanakan Kebetulan’

“Tuhan beri kami keberanian untuk mengubah apa yang dapat kami ubah, kemampuan menerima apa yang tidak dapat kami ubah, dan kebijaksanaan untuk membedakan keduanya..”
-Bramastyo, Wahyu. Biarkan Hujan Menyembuhkanmu. . .

Tercapai atau tidaknya resolusi yang kita buat itu tergantung pada kesungguhan dan tekad kita untuk mencapainya. Konsisten pada diri sendiri dan menjada hubungan dengan Tuhan itu kuncinya😀

*maaf kalau saya sok pintar dan sok bijak karena memang begitulah keadaannya #ehh; saya menulis ini juga untuk diri mengingatkan diri sendiri dan alhamdulillah kalau bisa berbagai🙂

Selamat menulis ‘puisi 2012’mu..
Rangkai bait-bait terbaikmu..
Semoga 2012-mu menyenangkan!!!

2 thoughts on “2012! Menentukan Arah . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s