Microkernel

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai microkernel, ada baiknya kita bahas dulu apa itu kernel. Kernel merupakan suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama (core) dari sebuah sistem operasi yang bertugas untuk melayani berbagai macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras computer secara aman. Selain itu tersebut kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras (multiplexing).

Masuk ke microkernel, sebenarnya microkernel adalah sebuah model design kernel. Microkernel adalah inti dari sistem operasi yang paling sederhana, karena tidak ada fasilitas apapun sehingga  kernel ini berukuran sangat kecil dan biasanya sangat stabil (hampir bisa dipastikan tidak ada lagi bugsnya).

Fungsi microkernel;
Microkernel hanya memiliki fungsi manajemen sederhana untuk mendeliver services, misalnya:

  • low-level address space management : sistem pengalamatan physical atau virtual untuk memory, network host, peripheral, dan lain-lain
  • thread management : pengaturan proses yang terpecah menjadi thread dan dijalankan secara paralel.
  • inter-process communication (IPC) : pengaturan komunikasi antar thread pada satu atau beberapa proses. IPC bisa punya ruang lingkup di dalam atau antar komputer.

Salah satu keuntungan kernel yang bersifat modular, gonta-ganti hardware menjadi lebih mudah, karena tinggal menge-probe (menyesuaikan) suatu modul, atau jika belum ada bisa mem-build satu modul saja. Kerugiannya adalah relatif rentan terhadap masalah security, karena biasanya script kiddies memasukkan suatu modul ke dalam kernel (dengan harapan proses yang dimilikinya tidak diketahui oleh admin system yang bersangkutan).

Beberapa sistem operasi yang menggunakan microkernel antara lain:

  • IBM AIX, sebuah versi UNIX dari IBM
  • Kernel Mach yang digunakan di dalam sistem operasi GNU/Hurd, NextSTEP, OPENSTEP, MacOS/X
  • Minix
  • Symbian OS

Source: Tugas Microkernel Kuliah Sistem Operasi



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s