‘Lilin Merah’ teruntukmu. . .

Lilin Merah

Adakalanya kesendirian menjadi hadiah ulang tahun yang terbaik. Keheningan menghadirkan pemikiran yang bergerak ke dalam, menembus rahasia terciptanya waktu.

Keheningan mengapungkan kenangan, mengembalikan cinta yang hilang menerbangkan amarah, mengulang manis keberhasilan dan indah kegagalan. Hening menjadi cermin yang membuat kita berkaca–suka atau tidak pada hasilnya.

Lilin merah berdiri megah di atas glazur, kilau apinya menerangi usia yang baru berganti. Namun, seusai disembur napas, lilin tersungkur mati di dasar tempat sampah. Hangat nyalanya sebatas sumbu dan usailah sudah.

Sederet doa tanpa api menghangatkanmu di setiap kue hari, kalori bagi kekuatan hati yang tak habis dicerna usus. Lilin tanpa sumbu menyala dalam jiwa, menerangi jalan setapakmu ketika dunia terlelap dalam gelap.

Berbahagialah, sesungguhnya engkau mampu berulang tahun setiap hari.

Karya: Dee ‘Dewi Lestari’1998, dinukil dari Filosofi Kopi

Siapa yang berulangtahun hari ini? Saya?
Bukan, bukan saya! Saya tidak berulangtahun hari ini kok, mungkin anda?
Okey, sebenarnya saya memang tidak ulang tahun hari ini, tapi bulan ini😀. Tulisan ini saya bingkiskan sebagai kado untuk saya, untuk semua yang berulangtahun di bulan ini, dan ter’spesial’ untuk *ahh jangan disebutkan😀

Melalui prosa karya Dee yang saya tulis di atas, saya pengen mengulik pemaknaan pertambahan usia. Walaupun prosa tersebut sebenarnya sudah menjelaskan pemaknaan ulangtahun secara lugas.

Tidak harus dengan pesta, rekreasi ke dalam diri jauh lebih dibutuhkan; mengaca pada yang lalu, baik buruk, apapun itu yang bisa dijadikan sebuah anak tangga untuk melangkah ke atas dan ke depan.

Tidak perlu dikhususkan pada hari ‘itu’; kita bisa melakukannya setiap hari kalau kita mau. Introspeksi.

Kue dan lilin hanya sekadar ‘formalitas’ yang informal, doa lebih menenangkan dan menghangatkan.

Tapi siapa sih yang tidak suka diberi kado dan atau kejutan?😀
Sewajarnya sajalah😉

semoga ulang tahunmu menyenangkan!😀

Leave a Reply

