Pencerahan di Awal Maret

Akhir-akhir ini saya merasa ‘stuck’; ga nambah apa-apa. Mungkin itu memang sekadar perasaan saya saja, tapi mungkin juga memang benar ga nambah apa-apa. Cuman sekadar nambah umur, nambah dosa -,-. Apalagi ditambah dengan melewatkan beberapa kesempatan dan peluang emas di bulan kemarin, alhasil kondisi saya semakin down. Sebenarnya bukan down yang lalu ga bisa ngapa-ngapain, tapi down yang saya rasakan adalah kebosanan yang melumut dan menebal di persendian hidup saya. Sehingga saya mencoba mencari sesuatu yang bisa memacu adrenalin dan membangkitkan ‘feel’ saya lagi; serta berharap agar bulan Maret yang baru saja datang bisa membawa pembaharuan di keadaan saya, setidaknya memberi warna.

Bersyukur banget hari ini ada ‘mOTIvation day’ a.k.a Monday; acaranya @omahti dalam rangka mempererat hubungan alumni dan penerus OmahTI UGM. Monday kali ini menghadirkan ‘The Founding Father’ of Omah TI, atau beliau-beliau yang dulu merintis berdirinya Lab Inovasi Omah TI. Banyak yang beliau-beliau sampaikan tadi sore, mulai dari sebab terbentuknya Omah TI, masalah-masalah yang ada di Omah TI, sampai wejangan untuk penerus-penerusnya. Berikut ini saya mencoba me-resume beberapa point yang beliau-beliau sampaikan tadi:

  • Jika kita berada di zona nyaman  (comfort zone); kreatifitas kita = 0 (null!); kita tidak akan berkembang karena sudah merasa enak di keadaan ini.
  • Untuk sebuah peningkatan (dalam hal apapun) ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain: 1) Overdo–yakni melakukan sesuatu yang lebih, tepatnya memaksa diri sendiri untuk melakukan yang lebih. Kalau kita cuman melakukan hal-hal yang itu-itu saja, dengan standar kesulitan yang sama kita tidak akan berkembang, coba dipaksa untuk melakukan yang lebih. Pasti Bisa! 2) Sacrifice–pengorbananl Revolusi butuh pengorbanan.
  • Egoisme dan Idealisme itu berbeda. Coba untuk menguasai ego, pahami & pelajari idealisme oranglain. Perkuat idealisme diri.
  • Anda tidak bisa coding? Bukan masalah, asal anda bisa jadi Makelar Programmer
  • Belajar itu tidak terbatas pada program study. Okelah kita memang kuliah di Ilmu Komputer, tapi alangkah bermanfaatnya kalau kita tahu (sekadar tahu saja sudah cukup) tentang hal-hal lain seperti manajemen, psikologi, komunikasi, dan yang lainnya.
  • Mindset >> ‘Apa yang bisa kamu berikan pada organisasimu? Apa kontribusimu untuk kemajuan organisasi ini?’
  • Dengan kontribusi–memberi, kita pasti akan menerima feedback yang lebih banyak (Konsepsi Give and Take)
  • Masing-masing individu itu unik, satu kelebihan yang diberikan Tuhan pada kita dari oranglain. Tugas kita mencari kelebihan itu.
  • Jangan terlalu lama terpaku pada kekurangan kita, karena itu membuang-buang waktu dan energi. Lebih baik memperkuat kelebihan kita.

Nah, itu beberapa yang saya ingat. Sebenarnya banyak banget, tapi karena tadi saya nggak sempet nyatet, padahal bagus -,-. Untunglah ada teman yang nyatet, jadi besok bisa pinjam untuk melengkapi ingatan saya.
Menggugah sekali Monday kali ini, terutama bagi saya. Seakan mendapat kayu bakar baru untuk lokomotif saya, kini saya merasa lebih ‘live’ dan mulai mengingat kembali beberapa pemikiran menantang minggu lalu. Harus ada  yang dipressure dalam diri saya, agar kemampuan saya bisa maksimal. Selama ini mungkin baru 20% dari diri saya yang show off, sisanya mati suri dan harus segera dibangunkan! Yo!

Self Challenge yang ingin dan harus dilakukan:

  • Single-boot Linux, kenapa tidak bisa? Semua sudah tercover di Linux kok, tinggal dilaksanakan. Pokoknya ada waktu 1 minggu (deadline tanggal 10 Maret!) untuk backup data, dan 11 Maret sudah menjadi awal baru bagi saya dan ubuntu-wati😀
  • SMS Gateway, bukan hal yang tidak mungkin untuk tidak dibuat!😀
  • Php!!

Progress ketika challenge ini harus saya tampilkan di sini sebagai bukti. Deal? Selamat berdarah-darah!😀

Leave a Reply

