Konsistensi atas Komitmen sebagai Konsekuensi sebuah Keputusan

“Konsistensi atas Komitmen sebagai Konsekuensi sebuah Keputusan”

Darimana saya dapat rangkaian kata-kata ini? Saya tidak tau pasti, tapi kalimat ini pernah saya tulis di Facebook saya pada bulan April lalu. Kata-kata yang penuh makna *menurut prespektif saya*. Dengan untaian kata ini saya berharap bisa mengingat apa yang saya rasakan dulu. Ketika mengambil sebuah keputusan, ya kalimat ini memang berakar pada saat sebuah keputusan itu diambil.

Sebuah keputusan yang saya ambil yang akhirnya menerbitkan konsekuensi. Keputusan yang saya ambil, pilihan yang saya pilih dari banyak pilihan. Sebuah tanggung jawab timbul sebagai bias, refleksi keputusan itu. Memang berat ketika saya menjalani sebuah keputusan hanya dengan alasan konsekuensi, tanpa visi apapun. Jalani saja, hadapi saja, seolah hanya menge-sah-kan tanggung jawab.

“Konsistensi atas komitmen”, haha! 3 kata yang terdengar ear-catching. Sub-kalimat ini adalah penggugah. Mengingatkan kembali akan komitmen yang dulu juga melandasi pengambilan keputusan. Komitmen ini adalah visi, sebuah ikatan pada tujuan tertentu ketika sebuah keputusan itu saya ambil. Sementara, konsistensi adalah pembaruan semangat. Hal ini paling sulit, melakukan sesuatu dengan statis (paling tidak statis) kalau bisa dengan progress yang positif.

Berusaha untuk tetap konsisten menjalani konsekuensi atas keputusan yang saya ambil agar tetap sesuai dengan komitmen yang saya tetapkan dulu. *fiuuhh

Pokoknya kalau kalimat  “Konsistensi atas Komitmen sebagai Konsekuensi sebuah Keputusan” ini hanya dibayangkan, dan dipikirkan akan terasa berat di pundak, serta menimbulkan migrain yang berkepanjangan di kepala.😀 Jadi jangan lama-lama dipikirkan, lakukan saja. Jika perlu pembaharuan energi, mungkin Sadranan bisa jadi “pelarian”😀

Leave a Reply

