a “quality time”

Schedule

ini jadwal mingguan saya. Senin sampai Minggu kemudian Senin lagi, berturut-turut seperti itu. Secara formal seperti itu, faktanya? Penuh kejutan!😀

Pernah tau tentang “quality time”? Menurut anda artinya apa?
Saya menambahkan jadwal “quality time” itu semata-mata iseng, ngikut sama obrolan teman-teman tentang “quality time”. “quality time” dengan pacar-lah, dengan keluarga-lah, bahkan dengan diri sendiri.

Saya sendiri kurang tahu apa artinya “quality time”. Menurut saya artinya sangat subyektif, tergantung pribadi masing-masing. Saat saya nanya ke salah seorang teman tentang “quality time”, dia menjawab bahwa “quality time” itu adalah full istirahat di kost, mager (males gerak) dan bahkan tidur. Teman yang lain mengatakan bahwa dia menggunakan “quality time” itu untuk membaca buku, menulis, intinya melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan passion-nya. Itu jika “quality time” untuk diri sendiri. Kemudian yang saya kurang tau adalah “quality time” dengan pacar, itu ngapain? Nonton? Makan? Ngobrol sampai mulut berbusa? *entahlah saya kurang tahu.. Lalu “quality time” dengan keluarga; kalau ini kurang lebih saya tahu, misalnya bantuin babe ber”kebun”, bantuin momi masak, nyapu, nyuci, jailin adik, nonton kartun bareng adik, dsb😀

Itu tadi “quality time” menurut saya,😀

“quality time” itu terdiri dari “quality” dan “time”, kualitas waktu; erat kaitannya dengan pemanfaatan waktu. Jika dilihat dari jadwal saya, ‘waktu yang berkualitas’ hanya hari sabtu dan minggu, sedang hari lainnya adalah beban yang mau tidak mau harus dijalani (bisa jadi terbaca seperti itu). Lalu apakah memang seperti itu? Tentu saja tidak. “quality time” di hari Sabtu dan Minggu saya maksudkan sebagai waktu dimana saya bisa mer-refresh pikiran, melakukan hal-hal yang sesuai dengan hobi dan passion saya, dan tentu saja melepas sejenak status ‘mahasiswa’ untuk kembali menjadi seorang ‘anak’, ‘kakak’, ‘pacar’, dll, atau mengerjakan tugas-tugas kuliah.

“quality time” itu juga identik dengan waktu bebas, mau ngapain aja boleh, terserah! jadi daripada terbuang sia-sia, kan lebih baik dimanfaatkan untuk istirahat, rekreasi, olahraga, dll🙂

Sebenarnya setiap waktu adalah a “quality time” jika kita bisa memanfaatkannya dengan seoptimal mungkin sesuai dengan peranan kita saat itu.😀 Silakan tentukan durasi “quality time” anda, kemudian definisikan sendiri artinya, dan mari sama-sama kita optimalkan dan manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.😀

Selamat berakhir pekan!

Leave a Reply

