sedikit tentang “Kenangan”

kenangan itu selalu indah karena ‘ia’ tak mungkin terulang kembali~~

Banyak orang yang rela menukar sejumlah besar materi dengan sesuatu yang bisa membangkitkan ingatannya tentang ‘sesuatu’. ‘Sesuatu’ itu adalah tentang kenangan. Entah baik atau buruk, toh menurut saya pribadi semua kenangan itu indah. Bagaimana tidak? Saya ingat tentang perpisahan saya dan beberapa rekan, namun akhirnya saya malah tersenyum, konyol, naif, mengingat masa-masa itu. Apalagi dengan kenangan yang baik, tentang makan malam bersama, tentang pesta ulang tahun, tentang masa-masa sekolah, ahh, itu akan sangat indah jika diingat. Merasa sama seperti saya?

Seringkali kita butuh trigger atau semacam “pemantik” memori untuk kembali menemukan jalan ke peristiwa di masa lalu itu. Pemantik ini bisa berupa nama, warna, benda, lagu, tempat, atau apapun. Sadar atau tidak, otak kadang-kadang menghubung-hubungkan suatu kenangan dengan benda asing yang justru bukan merupakan point dari kenangan tersebut. Susah-susah gampang memang untuk memantik kenangan, umumnya kenangan ‘buruk’ itu membutuhkan lebih sedikit pemicu. Hal-hal traumatik misalnya; saya masih ingat hari apa saya terjatuh dari motor, baju warna apa yang saya kenakan, dsb. Begitu mendengarkan sebuah lagu, otak langsung menghubungkan dengan kejadian buruk. Selalu saja seperti itu. Responnya pun cepat, emosi kemudian meninggi, merasa ‘buruk’ dsb. Sementara itu untuk mengingat kenangan yang ‘baik’ butuh usaha yang lebih, harus dengan foto, lagu, dan tempat, baru bisa mengingat dengan baik apa yang saya lakukan malam itu, dengan siapa, dsb. Toh, semua kenangan itu indah karena kenangan tak mungkin terulang kembali.

Melihat, mendengar, dan berpikir tentang hal-hal yang ada di masa lalu itu membantu. Membantu menyadari bahwa saya (kita) sudah cukup tua. Punya masalalu yang cukup indah. Silakan lanjutkan sendiri kenangan anda. Kalau saya masih ingin mengingat saat ada yang menulis sesuatu di lembar paling belakang buku saya.🙂 Selamat mengenang.

Leave a Reply

