Kembali Menulis

Lama sekali saya ndak nulis. Mungkin tepatnya menulis apa yang benar-benar saya ingin tulis dan benar-benar saya nikmati prosesnya.

Beberapa bulan lalu saya vakum–dengan maksud membangun mood dan memang harus berfokus pada tugas akhir–siapa tahu saya memang butuh jeda.Tapi ternyata salah. Semakin kesini, saya semakin limbung tiap akan menulis. Antara keragu-raguan untuk memulai dan ketidakmampuan untuk berfokus pada satu bahasan. Akhirnya banyak dari tulisan itu yang sampai sekarang masih menjadi draft dan saya amat sungkan untuk melanjutkannya. Setelah saya amati, hal ini memang jamak dialami oleh banyak penulis baik buku atau blog. Merasa kurang percaya diri dengan hasil tulisannya dan yang lebih parah lagi adalah tidak jujur pada diri sendiri.

Saya mengalami keduanya. Bagaimana saya begitu memikirkan apa yang saya hendak tulis sampai kemudian lupa dengan prosesnya. Kemudian diperparah juga dengan harus mempertimbangkan pendapat pembaca. Mungkin perlu diketahui, beberapa kiriman di blog ini sengaja saya buat agar tidak bisa terbaca oleh pengunjung. Bukan masalah kontennya, tapi lebih kepada keengganan saya untuk mendapat respon dari pembaca. Menulis kemudian membacanya, kemudian tidak puas, berhenti, dihapus, menulis lagi, sebatas sebagai draft, dan akhirnya berhenti karena bosan dengan lingkaran ketidakpuasan.

“Writing tresno jalaran saka kulino”

Memang begitu adanya. Meskipun di sisi lain saya sedang menulis tugas akhir, namun sensasinya berbeda dengan jika saya menulis di blog. Tugas akhir itu terkait dan terikat banyak ketentuan tapi tidak jika di blog. Berhenti menulis di blog seperti membekukan sebagian imajinasi dan menghapus beberapa perbendaharaan kata. Hal-hal yang sudah lama tidak dilakukan dan diasah memang akan ditepikan dari otak. Wajar.

Ini kiriman pertama saya pekan ini, bulan ini, dan tahun ini.

Leave a Reply

