Migrasi dari Dropbox ke Google Drive

Jadi sebenarnya tadi malam itu saya mau posting tentang ini. Tentang cara untuk melakukan transfer file antar cloud storage. Penyebabnya seperti yang ada di posting sebelumnya. Penggunaan banyak layanan cloud storage kadang membuat bingung, hingga akhirnya saya putuskan untuk lebih menggunakan Google Drive saja. Tapi masa’ harus men-download semua file di Dropbox kemudian mengunggahnya ke Google Drive? Tentu akan sangat tidak efisien. Selanjutnya saya googling kemudian nemu:

https://app.mover.io

Mover.io
Mover.io

Mover merupakan aplikasi web yang berfungsi sebagai pemindah file antar server cloud. Setahu saya, layanan ini gratis bagi personal. Jadi untuk menggunakan aplikasi ini silakan sign up terlebih dulu.

Banyak cloud storage yang dapat dihandle oleh mover. Ini daftarnya:

mover connections
mover connections

Dari masing-masing layanan itu kita bisa bertukar file. Adapun yang perlu dilakukan adalah memilih layanan kemudian melakukan autorisasi dengan cara login. Misalnya saya, menggunakan Dropbox sebagai source dan Google Drive sebagai destination:

mover source dest

Nah setelah autorisasi berhasil pada kedua layanan yang akan digunakan, maka akan tampil seperti di atas. Tampilan file yang hendak di pindah dan tujuannya. Perlu diketahui bahwa yang dipindah adalah file dalam sebuah folder.  Pilih juga folder tujuannya. Pilih opsi di sebelah kanan apakah mau dijadikan dalam bentuk archive atau tidak. Jika sudah dirasa cukup, segera eksekusi dengan ‘RUN’

mover pindahan

mover transfer now

Kemudian? Duduk manis dan tunggu..

mover log

Anda akan disajikan tampilan log dari pemindahan file, 1 menit 2 menit klik refresh dan walaaaa…. Transfer selesai dilakukan..

mover berhasil

Itu tadi sekadar contoh saja. Saya  melakukan migrasi beberapa file dengan ukuran yang relatif kecil. Mover personal bisa memindahkan hingga 2GB per transfer, jadi menurut saya itu lebih dari cukup. Oiya, memindahkan di sini tidak seperti proses ‘cut’ – ‘paste’, tapi lebih ke ‘copy’ – ‘paste’, jadi file di layanan source masih tetap ada.

Sekian laporan saya mengenai cara memindahkan file antar layanan cloud storage, semoga membantu🙂

Internet cepat buat apa?*

Leave a Reply

