Serba-serbi Kuliah Ekstensi di UI

Berhubung Chel53a kalah 5-3 dari Tottenham, hujan, mules karena minum white coffee, dan ndak bisa tidur jadi saya mau nulis saja.

Ditemenin sama album pertamanya Sheila on 7: Sheila on 7. CD asli. Semoga mas Duta dkk masih ingat apa yang ditulis di halaman ‘Thanks to’ di album ini. Betapa lugunya mas-mas ini waktu itu. :p

**

Ini adalah lanjutan dari cerita sebelumnya >> seluk beluk ekstensi UI

**

Sudah satu semester sudah saya lewati di program ekstensi S1 Sistem Informasi UI. Berarti pertengahan bulan saya harus transfer uang lagi ke rekeningnya UI sejumlah 8 juta. Perih. Hahaha:D
Jadi bagaimana rasanya kuliah di UI?

Perkuliahan di program ekstensi S1 Sistem Informasi UI dijadwalkan untuk terlaksana pada hari Senin sampai Jumat, pukul 19:00 sampai 21:30. Ada juga kuliah hari Sabtu, biasanya pagi sampai siang. Kuliah pada hari Sabtu sendiri tergantung jumlah SKS dan jadwal MK yang diambil, bisa ada bisa juga tidak. Patokan jadwal kuliahnya seperti itu. Implementasinya agak sedikit fleksibel, tergantung kesepakatan dengan dosen MK. Jam masuk kuliah kadang menentukan jam selesai kuliah. Semakin cepat mulai, dalam artian ontime, maka kuliah akan lebih cepat selesai.

Berdasarkan proses kuliah pada satu semester ini, jarang ada perkuliahan yang menggunakan waktu secara penuh (19:00 sampai 21:30). ‘Normalnya’, pukul 21:00 perkuliahan sudah diakhiri. Jika pukul 21:15 belum ada tanda-tanda akhir kuliah mahasiswa mulai gelisah. Ada kalanya perkuliahan dilakukan secara penuh, misalnya pemadatan materi agar pertemuan minggu depan tidak perlu diadakan atau ketika terjadi diskusi yang lumayan alot dan seru atau ketika mahasiswa sedang ‘kerasukan’ dan merasa membutuhkan untuk mengerti sebuah materi kuliah. Perkuliahan yang memakan jadwal secara penuh adalah sebuah anomali, tidak selalu kejadian di setiap pekan.

Asas tau sama tau biasa terjadi dalam perkuliahan, terjadi antara dosen dan mahasiswa tentunya. Capek sama capek. Ngantuk sama ngantuk. Tapi sudah jadi konsekuensi. Jadi perkuliahannya dibuat seefektif dan seefisien mungkin, agar bisa selesai dan beristirahat lebih cepat.

Proses kuliahnya sendiri juga lebih fleksibel jika dibandingkan dengan UGM yang cenderung rigid. Di Fasilkom tidak ada keharusan menggunakan baju berkerah ketika perkuliahan. Begitu pula pemakaian sepatu. Tidak harus memakai sepatu. Sandal, sepatu sandal, crocs boleh masuk kelas. Saat di kelas, mahasiswanya juga cenderung dibebaskan. Mau mendengarkan boleh, tidak ya monggo. Tidur pun boleh, asal tidak mengigau kemudian memanggil-manggil nama atasan atau nama mantan atau sambil berjalan saya rasa masih biasa. Penggunaan hp pun bebas dan terbuka. Di bangku depan saya bisa saja mengeluarkan hp kemudian main CoC pake wifi kampus padahal dosen sedang menjelaskan materi. Hal ini memang kembali lagi ke kesepakatan dengan dosen MK dan nilai dan norma yang dipegang oleh masing-masing mahasiswa. Namun berdasarkan pengamatan saya dalam satu semester ini, asal tidak membuat gaduh kelas, hal-hal di atas bisa di’maklum’kan.

Perkuliahan di Fasilkom UI juga didukung sistem e-learning. Situsnya bisa dilihat di http://scele.cs.ui.ac.id/. Semua pengumuman akademik: kuliah kosong, kuliah pengganti, pindah ruangan dll akan disampaikan di sana (di forum pengumuman akademik). Masing-masing kelas perkuliahan memiliki kelas virtual di SCele (forum perkuliahan). Materi kuliah berupa slide presentasi atau video diunggah di forum perkuliahan tersebut. Selain materi tentu juga ada evaluasi berupa tugas atau kuis yang juga diumumkan atau dilaksanakan di forum kelas perkuliahan tersebut. Jadi SCele itu bisa jadi homepage bagi mahasiswa Fasilkom UI.

Entah kenapa, saya rasa kuliah di ekstensi S1 ini lebih serius dari kuliah D3 dulu. Dulu, kuis itu hal yang sepele, tidak perlu belajar pun tak apa. Tapi sekarang rasa-rasanya tidak bisa disikapi seperti itu. Kuis tidak hanya kuis. Kalau saya ndak baca materi ya saya ndak bisa mengerjakan. Hehe😀. Bisa jadi ini faktor usia, kedewasaan, pengalaman, dan kebijaksanaan yang bertambah, bisa juga karena hitung-hitungan saya mengenai biaya kuliah di UI, bisa juga karena faktor geografis yang jauh dari orang tua.

Oiya, mengenai hitung-hitungan biaya kuliah ekstensi di UI, jadi begini:

Biaya per semester 8000000 Rupiah
Jumlah SKS 16 SKS
Biaya per SKS 500000 Rupiah
Biaya per MK (3SKS) 1500000 Rupiah
Jumlah pertemuan di kelas (3SKS) 14 pekan
Biaya per pertemuan di kelas 100000an Rupiah
Jumlah waktu pertemuan di kelas tiap pekan 2.5 jam
Biaya per jam 40000an Rupiah

Hitung-hitungan di atas berupa asumsi dan perkiraan saja, jangan terlalu serius. Yang jelas kuliah ekstensi itu mahal🙂

Kembali ke proses kuliah: jika bertolak pada kuliah D3, tentu kuliah S1 agak berbeda. Di perkuliahan program ekstensi S1 Sistem Informasi UI lebih banyak teorinya atau malah bisa dibilang full teori. Mau ndak mau mahasiswa dipaksa untuk minimal membaca. Akan lebih baik jika memahami. Mungkin ini sebabnya kenapa mau tidak mau harus belajar sebelum ada kuis atau ujian.

Untuk tugas sendiri, bisa dibilang samalah seperti di D3. Bedanya tugas di ekstensi S1 biasanya berupa essay atau makalah hasil studi kasus atau presentasi. Namun pada MK pemrograman seperti Struktur Data dan Algoritma atau Dasar-dasar pemrograman akan selalu ada semacam latihan coding tiap minggu dan atau kuis online di SCeLe dan atau tugas besar dan atau kuis pemrograman. Jadi pada kedua MK ini pasti akan ada semacam evaluasi setiap minggunya. Hehehe😀

Kemudian ….
*lanjut besok ya :*

51 thoughts on “Serba-serbi Kuliah Ekstensi di UI

  1. mas taufiq, terima kasih atas informasi ini, berguna banget. rencananya saya tahun ini mau daftar ekstensi Sistem Informasi-UI. Yang masih jadi pertimbangan berat (karena saya perempuan yang mungkin ketahanan fisik lebih rendah dari laki-laki), apa perkuliahan akan ngeganggu kerjaan dan sebaliknya. Karena sumber dana buat semester kedepannya ga lain ya dari hasil kerja saya sendiri.

    1. “Apa perkuliahan akan ngeganggu kerjaan dan sebaliknya?” – hal ini bergantung pada individunya masing-masing; bagaimana cara mengelola masing-masing tanggung jawab. Saya dan banyak teman lain juga menjalani hal yang sama. Selama kuliah lancar, ilmu masuk, nilai lumayan && deadline kantor kelar, kerjaan beres, menurut saya itu sudah bagus. Kalo keterima, kabari saya!🙂

      1. Assalamualaykum mas Taufiq, seperti janji saya buat ngabarin, Tahun ini saya diterima jadi mahasiswa baru ekstensi Fasilkom UI mas🙂 Alhamdulillah.
        Terima kasih sharing-sharingnya mas.

  2. Maaf mas. Referensi dari mas Taufiq ini tetep saya masukin ke agenda saya. Tapi untuk rencana studi mungkin harus saya tunda jadi tahun depan (jadi bukan tahun ini). Faktor-faktor yang saya tanyain masih jadi bahan pertimbangan paling prioritas mas. Iya sih, benar, semua tergantung dari ‘bagaimana’. Nah, udah saya hitung semua resiko yang mungkin kalau saya daftar tahun ini(pakai algoritma juga inshaa Allah). Resiko jadi 0 kalau tahun depan mas. Jadi, inshaa Allah saya kabarinya tahun depan. Aamiin. Makasih mas🙂 salam kenal.

  3. permisi saya ingin tanya kalo perkuliahan ekstensi (paralel ) fakultas teknik itu jadwalnya pagi – sore ato sore – malem ya ? terimakasih

  4. Hi Taufiq salam kenal, saya alumni komsi ugm juga angkatan tua haha dan baru masuk ekstensi sistem informasi ui tahun ini. Suwun,postingannya sangat informatif & membantu.. sapa tau ketemu di kampus tar..

  5. Salam kenal mas, mau bertanya, apakah tahun depan masih ada kelas ekstensi/paralel?
    biayanya masih segitu atau ada kenaikan mas? hehe
    kantor saya jakarta utara nih mau pp ke depok rencananya gimana ya menurut mas?

    1. sepertinya masih akan ada.
      kalau masalah biaya, saya juga kurang tau; tren yang terjadi adalah selalu ada kenaikan.
      jakarta utara ya.., sebenarnya bisa-bisa aja, cuman ya pasti macet dan lumayan jauh kan.. jadi kembali ke tekad sih mas🙂

      terima kasih sudah berkomentar.

  6. Mas gue mau tanya, gue anak d3 teknik sipil UGM nih mau ikut ekstensi di UI. Kuliah ekstensi Teknik UI emang full time ya pagi-sore? apa sama kaya mas cuma malem aja?
    makasih mas

  7. Mas mau tanya, saya fahmi akan d3 teknik sipil UGM. rencana tahun ini mau ekstensi di UI. Emang kalo ekstensi di teknik Ui itu kuliahnya full time pagi-sore ya? atau sama kaya mas cuma malem saja.
    Terimakasih mas.

      1. maksudnya kuliah yang kelas malem gitu kak ,kalo ada mohon informasinya ya misal saya mau kuliah disana itu bisa ngelanjutin apa dari awal lagi (saya semester 3 gunadarma)

  8. Assalamualaikum, Mas mau tanya ,
    Saya juga mau ambil ekstensi d3 ke s1 di UI tahun ini,
    saya ada pengalaman kerja di programming (Web Dev) kurang lebih setahunan..

    semua proses udh beres tinggal ujian masuk seleksi, nah pertanyaannya .. apakah ujian masuk dan seleksinya itu susah ya , apakah materi dan bobotnya sama seperti ujian SNMPTN ? Trus .. minta saran dan tips donk biar bisa lancar ngadepin ujian masuknya ,..

    Terima kasih sebelumnya🙂

  9. Dear Mas Taufik,

    Terima kasih untuk informasinya perihal S1 Paralel Sistem Informasi, Subhannallah sangat membantu 😊

    Saya Fadly Mas dari Politeknik Negeri Semarang, Insya Allah tahun ini masuk S1 Paralel Sistem Informasi UI, tinggal proses daftar ulang saja.

    Semoga bisa segera berjumpa ya mas di kampus hehe.

    Thank you !

      1. Siap Mas Taufik😀

        Untuk scele itu sudah bisa login pakai guest saja atau pakai NPM yang ada? Karena belum punya account SIAKING seperti yang ada di halaman login hehe

        Suwun mas.

  10. Btw, Bikun UI sekarang sampe jam 9 malam kah? Dulu waktu kuliah d3 di polteknya Bikun UI cuma sampe jam 8.30 malam dari asrama

  11. Gan menurut pengalamannya s1 ekstensi di ui apakah di “anaktirikan”dibanding yg reguler?
    Contoh: klo ad lomba gk bisa ikut
    lab amat sangat terbatas
    Dosennya “seadanya”
    Tdk bisa ikut organisasi
    Tdk bisa ikut event tertentu ?

    Trus kira2 2,5 tahun itu bisa dikebut lagi gk? Jdi 1,5 tahun

    Tq

  12. Salam kenal mas taufik 😃
    Kalau boleh tau untuk lat soal2 masuk ekstensi ui ke jurusan managemen itu ada link khusus ngga? Atau bisa di share soal2 yg bisa menghantarkan mas taufik lolos tahap ujian tulis dulu. Makasih 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s