Tentang Peribahasa dan “Kuingin Menjadi Flaneur”, Seperti Ucapan Nassim Nicholas Thaleb Kepada Charles Baudelaire

LINIMASA

Apakah di antara kita ada yang ingin bercita-cita meraih nobel? Ekonomi misalnya. Maka rajin-rajin lah menulis sesuatu yang tak dibaca siapapun,  dengan teori yang tak digunakan siapa pun, dan beri kuliah yang tak dimengerti siapa pun. Olok-olok ini disampaikan Nassim Nicholas Taleb saat hadir dalam suatu panel di Moskwa dengan salah satu pembicara Edmund Phelps, peraih Nobel Ekonomi tahun 2006.

Nassim adalah praktisi bisnis. Pernah menjadi pialang saham dan setelah bukunya terbit ia diangkat sebagai Profesor Kehormatan di New York University’s Polytechnic Institute. Sekarang menyebut dirinya sebagai flaneur – menurut Charles Baudelaire, istilah ini direkatkan pada orang yang kerjaannya berjalan berkeliling kota untuk mengalami peristiwa, bermeditasi di kafe-kafe yang tersebar di muka bumi.

Banyak orang yang mengenal Nassim sebagai penulis Fooled by Randomness dan The Black Swan. Tapi jarang orang mengenal beberapa hasil tulisan dirinya yang lain, yang lebih random, lebih dark. Salah satu judul bukunya yaitu Ranjang Prokrustes…

View original post 3,179 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s